HARI I (PERTAMA) PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN TAHUN 2016

opspekMahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan kesiapan baik secara akademis, psikologis, dan sosial. Mahasiswa baru juga perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu adanya kegiatan pengenalan kampus yang terprogram dan dikelola dengan baik, sehingga mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan yang akan mereka jalani selama studi.

PKKMB adalah Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, yang merupakan regenerasi dari OSPEK atau Orientasi Studi Pengenalan Kampus yang diadakan Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam pada tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan PKKMB Fakultas Ekonomi Unrika akan diadakan selama 3 (tiga) yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Minggu, tanggal 2 s/d 4 September 2016 bertempat di Fakultas Ekonomi. Adapun jumlah mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Unrika yang akan mengikuti kegiatan PKKMB tersebut adalah sebanyak 302 orang, yang terdiri dari mahasiswa baru Program Studi Manajemen dan mahasiswa baru program studi Akuntansi.

Edwin Agung Wibowo (Dekan Fakultas Ekonomi) mengatakan bahwa PKKMB ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutinitas tahunan di Fakultas Ekonomi untuk menyambut seluruh mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal dunia perkuliahan dan membentuk karakter seorang mahasiswa serta bersifat edukatif sebagai sarana pembinaan dan adaptasi lingkungan pendidikan di fakultas ekonomi, sehingga terjadi percepatan adaptasi dengan lingkungan kampusnya.

Masih menurut Dekan Fakultas Ekonomi, bahwa persiapan yang dilakukan untuk menyambut kegiatan tersebut adalah dengan membentuk kepanitiaan di tingkat fakultas dengan melibatkan Wakil Dekan sebagai Pembina dan Kaprodi beserta Sekprodi sebagai penanggungjawab ditingkat program studi masing-masing, juga dilibatkan dosen tetap serta dibantu unsur kepanitiaan dari mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Kegiatan PKKMB di Fakultas Ekonomi akan diisi dengan pemberian informasi akademik dan kegiatan kemahasiswaan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru untuk memasuki kehidupan kampus, adapun pemateri untuk kegiatan PKKMB di Fakultas Ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Edwin Agung Wibowo, SE.,M.Comm
  2. Ramon Zamora, SE.,MM
  3. Lukmanul Hakim, SE.,M.Si/ Catur Fachu Ukhriyawati, SE.,MM
  4. Cahyo Budi Santoso, SE.,M.Ak/ Aznedra, SE.,MM
  5. Nova Heriami/Firdaus, S.IP serta
  6. Lembaga Kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Ekonomi

Arah kegiatan pengenalan kampus di Fakultas Ekonomi Unrika, mengacu pada: Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 096/B1/Sk/2016 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru dan Peraturan Rektor Universitas Riau Kepulauan Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.